About Me

My photo
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

Thursday, January 27, 2011

si Jahe yang pedas tapi banyak khasiat ;)

Di samping rasanya yang pedas ..ternyata jahe mangandung banyak manfaat. Ga asing dong sama wedhang jahe ,bandrek ,permen jahe. Nah ,selain untuk menghangatkan tubuh jahe juga bermanfaat untuk mengobati batuk ,pusing kepala ,pegal-pegal ,rematik ,sakit pinggang ,masuk angin ,vitiligo (bercak putih pada kulit karena kekurangan pigmen) ,terserang cacing gelang ,dan mabuk perjalanan. Ini nih cara meramunya ..


Batuk
Cuci bersih 3 rimpang jahe sebesar ibu jari ,rebus dengan 2 gelas air. Didihkan hingga menjadi 1 gelas. Minum air rebusan itu 2 kali sehari ,pagi dan sore.
Pusing Kepala
Cuci bersih 3 rimpang jahe sebesar ibu jari ,bakar dan memarkan. Seduh dengan 1 gelas air tambahkan sedikit madu atau gula aren. Minum ramuan itu 1 gelas sekaligus.
Pegal-pegal
Cuci bersih 2 rimpang jahe sebesar ibu jari lalu bakar dan kuliti jahe. Memarkan jahe tersebut dan rebus bersama 2 gelas susu segar. Minum 2 kali sehari pagi dan sore ,masing-masing 1 gelas.
Rematik
Cuci bersih 3 rimpang jahe sebesar ibu jari ,bakar dan kuliti. Parut dan tempelkan pada tubuh yang terserang rematik.
Sakit Pinggang
Cuci bersih 3 rimpang jahe sebesar ibu jari ,parut dan campur dengan 2 buah asam jawa yang sudah masak. Oleskan pada pinggang yang sakit.
Masuk Angin
Cuci bersih 3 rimpang jahe ,memarkan ,rebus bersama 2 gelas air dan beri sedikit gula aren ,didihkan selama 15 menit hingga air menjadi setengahnya. Saring dan minum hangat-hangat ,lakukan 2 kali sehari.
Vitiligo (bercak putih pada kulit karena kekurangan pigmen)
30 gr jahe cuci bersih kemudian dijus. Balurkan pada bagian bercak putih.
Terserang cacing gelang
60 gr jahe cuci bersih ,lumatkan dan campur dengan segelas air ,saring dan tambahkan madu 1 sendok makan. Minum 3 kali sehari
Mabuk perjalanan
Cuci bersih jahe segar sebesar 1 ruas jari ,geprek-geprek dan masukkan 1 gelas air panas ,beri madu secukupnya. Bisa juga pake sepertiga sendok teh serbuk jahe atau kalo tahan makan 2 ruas jahe mentah.

Ini nih ada resep buat serbuk jahe yang aku dapet dari Wahyu.. (Thx Why)
siapkan jahe dan gula pasir dengan perbandingan 1:2
1 buah serai ,2 buah daun pandan ,kayu manis sesuai selera (kalo aku biasanya 3-5 batang biar lebih enak bau dan rasanya).
Jahe yang sudah dicuci bersih diparut semua. Peras parutan jahe.
Masak sari jahe bersama serai ,daun pandan ,dan kayu manis. Jika sudah mengental tambahkan gula pasir sampai warna berubah kecoklatan ,ambil serai ,daun pandan dan kayu manis. Aduk terus sampai mulai timbul busa di permukaan ,kemudian matikan api. Aduk terus hingga menjadi serbuk .


Tipsnya:
kalo mau pedas ,pakai jahe yang kecil kecil atau jahe emprit. Untuk menambah kadar air pada jahe yang kering bisa direndam dulu sesudah dikuliti .

.::Moga bermanfaat yah::. :))
Diambil dari beberapa Sumber

No comments:

Post a Comment